Kamis, 12 Mei 2011

Wisata Rumah Tua

Rumah - rumah peninggalan belanda sangatlah banyak bisa dijumpai, hal itu sangatlah menarik karena bentuk rumah yang besar dan penataan lingkungan yang artistik membuat saya semakin ingin mengulas tentang keberadaan rumah tua yang berada di Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.
ada beberapa rumah tua yang terletak di beberapa penjuru daerah Besuki, rumah - rumah tua tersebut menyimpan banyak misteri yang diyakini oleh beberapa masyarakat bahwa kebanyakan rumah tua yang ada di kampung saya itu ANGKER, banyak kejadian mistis yang terjadi, misalanya rumah tua yang berada di jalan gunung ijen, pada saat pernikahan salah seorang putri pemilik rumah tersebut banyak kejadian - kejadian yang tidak bisa diterima oleh akal.
pada malam sebelum hari H, tradisi yang dilakukan adalah melle'an yang biasanya para orang - orang dikampung saya bermain domino dan sebagainya. malam itu saya dan kawan - kawan saya juga melle'an akan tetapi, salah satu kursi disebelah saya bergeser dengan sendirinya, akan tetapi, saya dan kawan - kawan saya saya sudah terbiasa dengan hal itu. tidak hanya itu, pada saat prosesi akad pernikahan berlangsung, orang - orang yang menjadi juru masak berteriak - teriak, mereka mengaku didatangi sesosok perempuan cantik berparas londo akan tetapi memegang ular di tangan kirinya.
bentuk peningglan lainnya adalah PG.demaas yang pada saat ini sudah tidak beroperasi lagi dikarenan Human Error, beberapa bangunannya masih kental dengan bentuk bangunan yang pernah dibangun oleh belanda yang  pernah menempati rumah tersebut. di salah satu tembok rumah yang bersebelahan dengan jalan menuju kearah lapangan demaas juga ada bukti sejarah tentang peperangan yang terjadi karena masih adanya beberapa bercak darah yang tersisa. disitulah juga banyak kejadian aneh yang dirasakan, akan tetapi saya secara pribadi belum pernah merasakannya, pernyataan itu saya dapat dari beberapa orang di daerah sana.
hal itu tidak hanya terjadi di salah satu rumah itu akan tetapi kejadian serupa kadang kala juga terjadi di beberapa rumah tua peninggalan belanda. namun hal itu tidak mengurungkan beberapa kalangan untuk tetap menikmati keasyikan dan ke eksotisan rumah tua, misalanya saja, gedung tua bekas hotel yang dikenal dengan HOTEL SCOMBERG yang terdapat di sebelah timur kantor polisi (polsek) yang penah dipakai untuk membuat film yang semua teknisi, pemain, artis dan produsernya orang belanda, impian mereka ketika melakukan jumpa pers, mereka ingin membuat sebuah cerita yang menceritakan asal nenek moyang mereka (para pelaku adalah asli keturunan belanda yang pernah lahir di Besuki).semakin komplek lah keunikan rumah tua yang beada di kampung saya, namun bagi para masyarakat yang ingin singgah, janganlah takut pada hal - hal yang sudah saya tulis diatas karena itu hanyalah sebuah sugesti belaka.
wisata rumah tua sangatlah bisa menjadi salah satu alternatif bagi seluruh masyrakat karena tidak hanya menjadi objek wisata alternatif akan tetapi bisa memberikan pelajaran sejarah yang sangat berharga bagi para muda mudi khusunya bagi mereka yang masih mau belajar...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar